Jumat, 27 September 2013

Jogja I'm In Love (Part 1)



“ Udah sampai Klaten nih”, kata Pak Cemin,  tetangga kami yang bersedia menjadi supir kami selama mudik lebaran.
Sebelumnya gue mau cerita dulu. Lebaran tahun 2013 gue beserta keluarga besar berencana mengadakan mudik lebaran ke Wonogiri dan Solo.

 Para pengungsi korban banjir kampung pulo

Tapi bukan itu yang bikin special, karena yang bikin special adalah rencananya setelah merayakan lebaran di kampong halaman kami berencana mampir ke Kota JOGJAKARTA !!
JOGJAKARTA MEN !!!! dari gue kenal itu kota, gue selalu berharap bisa mengunjunginya, dan akhirnya terwujud.

Oke, kembali ke cerita.

“ oalah , deket ya ternyata dari Solo ke Klaten “ ujar ibuku.
Terus terang baru kali ini aku dan keluarga setelah mudik mampir ke Jogja, sebenarnya dari dulu ingin sekali, tetapi ayah memang susah beradu argument dengan ayah. Untung saja ada mbahku dan saudara-saudaraku yang juga berkeinginan yang sama sepertiku, dan akhirnya ayahpun kalah *yess berhasil
“ eh mobil belakang jauh apa di belakang kita, Mi ? coba lihat ! “ .
Pak Cemin menyuruhku mengecek mobil saudara kami di belakang, mereka selalu mengalah kalau disuruh jalan duluan. Tapi giliran kami duluan mereka acap kali ketinggalan jauh dibelakang.

“ Mana ya, itu bukan tuh ? “
“ bukan mas, adek hafal nomor platnya” adekku nyambung langsung
“ wah pak, ketinggalan jauh lagi pasti mereka.. kebiasaan dah “ ujarku dengan nada sedikit sewot.
Tuh kan bener, apayang gue bilang.
“ Yaudah Ji, minggir dulu bentar nungguin mobil belakang, supaya barengan lagi. “ Kata ayah.
“ Oke bos… “ jawab Sang Supir sambil mengangkat tangannya.

 Penampakan wujud dari seorang Pak Cemin

Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, tahun demi tahun sampai hampir lumutan *lebay, akhirnya mobil belakang lewat dan ikut berhenti. Pak Cemin keluar dan menghampiri mobil tersebut. Eittss tunggu, bukan ngajak berantem ya, tapi terlihat si bapak berdiskusi dengan Om Husen ( supir mobil tersebut) , entah apa yang mereka diskusikan.

Sambil mengehela napas, si bapak ngomong, “ tadi saya nanya jalan ama Husen, soalnya saya rada-rada lupa jalan sini, udah lama gak ke Jogja. Ini kita bentar lagi sampai Prambanan katanya. “
“ Yaudah kalo lupa dia aja duluan Ji, kita ngikutin dari belakang.” Kata Ayah.

Pemberhentian kita pertama memang Prambanan. Rencana awal sih sebenarnya mau ke Candi Borobudur, tapi sebelum berangkat tadi saudara-saudaraku di Solo bilang katanya kalau sore udah sebentar waktunya terus mereka menyarankan kami kalau mau ke Candi Borobudur paginya saja.

Pukul 15.40 kami akhirnya tiba di Candi Prambanan. Terlihat tempat parkir penuh oleh kendaraan para pengunjung. Pak Cemin pun kebingungan mencari lahan yang kosong *ya eelaahh

“ Lah itu dia udah parkir duluan .. “ kata Pak Cemin sambil nunjuk kea rah mobil saudara kami. Om Husen pun menuntun mobil kami ke tempat parkir yang kosong.

Setelah memarkir mobil dan semua udah turun , kami sekeluarga langsung menuju loket pintu masuk 
Candi, takut kalau sudah antre panjang. Untungnya antrean belum terlalu panjang, mungkin karna sudah sore.

“ Ayo semua berhitung, biar le’ nanti yang mesen tiketnya.. “ perintah le’ santi, bibiku yang tinggal di Bali. 
“ duh, pengen pipis nih.. udah nahan dari tadi di mobil, toiletnya di mana ya? “ tanyaku dengan muka pucat.
“ hahaha.. cepetan mas, keburu keluar di sini ! “ ledek sepupuku, Uci.
“ tadi ibu denger Om Husen mau ke toilet katanya, mana tadi ya? “ sambil celingak-celinguk ibu nyari Om Husen.
“ Udah.. di dalem aja mi, ada toilet juga pasti .” kata mbahku.

Setelah beli tiket, kami pun masuk ke dalam area taman Candi Prambanan. Sampai di dalem gue langsung ngacir nyari toilet, udah gak tahan kendi di perut airnya mau keluar #uuee

Keluar dari toilet langsung foto-foto deket pintu masuk.

 selamat datang !!

“ Rame juga.. karna masa liburan mungkin ya… “ kata Ayah keheranan
“ eh banyak bule, ntar foto ah sama bule kayak orang-orang “ kata Zahra sepupuku sambil nunjuk-nunjuk pengunjung yang foto sama orang asing berwajah putih yang disebut bule. *ini tempat rekreasi apa pameran bule sih?

Lanjut, foto-foto lagi sebelum masuk area Candi Prambanan

RCTI okeeee


“ eh itu ngantrinya panjang amet… tapi yang lain gak segitu. “ kata Difa sepupuku sambil menunjuk ke antrian pengunjung yang mau masuk ke salah satu bagian Candi yang terbesar di area Candi Pramabanan.
“ Mau ke Candi yang mana nih? Kalo yang itu ngantrinya bakalan lama.. panjang banget gitu. “ keluh fika, adikku.
“ Yang lain aja deh, paling sama aja dalemnya.. “ kata gue mencoba meyakinkan adik adik gue, karna gue males banget kalo harus ngantri panjang gak dapet apa-apa *emangnya ngantre sembako?
“ Yaudah mas, yang itu aja.. “ kata Uci sambil nunjuk kea rah Candi yang kecil. Lumayanlah gak ngantri.
“ Eh, tante sama le’ ikut dong !! “ . Tante lili bibiku dan suaminya Le’ Wanto langsung nyamperin kita berlima .
“ Yaudah ayo bu.. eh, mbah sama yang lain mana? “ Tanya Zahra .
“ Eh iya ibu mana dek? “ gue nanya sama adek gue
“ gak tau mas adek “ jawab adek gue sambil geleng kepala.
" ibu sama mbah tadi.. " kata ayah.
“ Pada misah kali mi, ntar juga ketemu.. ayo dah kita masuk ! “ jawab le’ gue sambil naik tangga kea rah candi yang mau kami masuki, dari cara jalannya sepertinya dia gak sabar mau masuk.

Sebelum masuk, foto-foto dulu 
menaiki singgasana


isi candinya ya beginian


 ngikutin relief *failed


“ Itu ibu mas ! “ kata adek gue sambil nunjuk ke arah orang tua gue
“ Loh bu, mbah mana? “ tanya gue
“ Mbahmu udah keluar, nunggu di mobil.. kecapek’an mbah..”
“ Ayo foto-foto , bagus ini pemandangannya ! “ ajak Om Husen sambil dia udah siap memotret.
“ Kita mah udah dari tadi om foto-foto .. sini gentian Om, masa’ jadi tukang foto terus? “ ledek tante lily. Om Husen memang lucu makanya gue ama yang lain sering banget ngeledekin dia.
“ Sip mantep.. yang bagus ya, kayak Pakde Karwo “
*bagi yang gak tau Pakde Karwo, silahkan cek di mbah google

 Om Husen eksen palin depan

“ Udah puas kan? Ayo ke mobil, kasian mbah nungguin “ perintah ibu.
" yah adek belum foto sama fabregas. " kata adek gue sambil cemberut.
" hahaha, iya mas.. tadi zahara ama mbak fika ketemu bule' mirip fabregas." kata Zahra
" difa tadi nyari yang jepang gak ada. " si Difa nambahin.
" udah ayo cepet, Uci udah laper nih.." keluh uci sambil megangin perut.
Bersamaan dengan terbenamnya matahari, gue beserta yang lain keluar dari area Candi Prambanan. Moment ini gak gue lewatkan. Langsung gue beraksi dengan kamera seadanya.

 Sunset at Prambanan ~


Sampai jumpa lagi Prambanan ~
                                                                                                                                              

Nantikan cerita gue selanjutnya >> Jogja I'm In Love (Part 2)                                                                                                                                                                        

0 komentar:

Posting Komentar