Senin, 06 Oktober 2014

Teach is Fun!!



Beberapa hari yang lalu, aku melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Di KKN ini aku menekuni berbagai bidang kegiatan yang berbaur dengan masyarakat sekitar tempat KKN . Banyak sekali hal-hal baru yang tak sedikit menjadi kenangan tersendiri bagiku dan teman-teman KKN lainnya.

Salah satu kegiatan yang menurutku paling berkesan adalah mengajar. Di KKN ini setiap paginya aku dan teman – teman lain mengajar di SD, dan petang harinya mengajar Bimbel. Ini pertama kalinya aku mengajar SD, sebelumnya aku hanya pernah mengajar ngaji di TPQ dekat rumah.

Hari pertama mengajar, awalnya bingung, was-was, grogi.. gmana nggak? Menghadapi satu kelas yang isinya itu bisa sampai 40 anak!

Tetapi setelah menjalani berhari-hari, baru terasa menyenangkan mengajar anak-anak SD.  Karakter mereka macem-macem, ada yang nurut ada yang bandel, ada yang antusias ada juga yang masa bodoh diajarin.




Di SD tempat aku mengajar kemarin, sudah menerapkan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 ini menurutku gak bikin sulit guru ataupun siswa, justru membuat kegiatan belajar mengajar di kelas tidak monoton dan lebih menyenangkan.

Alhamdulillah, aku bisa belajar untuk merancang kegiatan belajar yang menyenangkan, ini untuk pengalamanku juga karena sesuai dengan jurusan kuliahku yang memang bidang pendidikan. Aku bisa bebas merancang kreativitas untuk pembelajaran. Awalnya bakal yakin sukses diterapin, gaktaunya haduh.... gak semuanya yang udah direncanain sukses diterapin, hehehe

Overall, mengajar perlu kesabaran, jangan sampai belum mulai ngajar udah stress duluan . Yang kita hadapi anak-anak, nah kita juga harus bisa menjadi “anak-anak” maksudnya bisa menyesuaikan dengan kebiasaan mereka, tetapi juga kita harus bisa mengarahkan, ada saatnya serius ada saatnya bercanda.  

Teach is Fun! Mengajar itu menyenangkan! bukan hanya mereka (anak-anak yang kita ajarkan) yang mendapatkan pengetahuan baru dari kita, tetapi kita juga bisa mengambil hikmah dan suatu kebanggaan tersendiri dari karakter mereka.

Tulisan ini aku tutup dengan sebuah pepatah dari seorang Tokoh Pendidik terkenal asal Amerika, Marva Collin , “ Aku seorang guru. Guru adalah seorang yang memimpin. Tidak ada keajaiban di dalam pekerjaanku. Aku tidak berjalan di atas air, aku tidak membelah lautan. Aku hanya mencintai anak-anak.


4 komentar :

  1. Wah, calon guru ya kak? Semoga sukses ya ;)

    BalasHapus
  2. asek-asek, cagur dengan bahasanya yang bijak, dan dengan satu kata yang buat gue ngakak, yakni kata "AKU". hehehe

    salam blogger, terus ngeblog anywhere anythink, cihuy...

    BalasHapus
  3. yah sekali-kali bahasa bau lah, nyesuain tempat aja

    BalasHapus